Tuesday, November 6, 2012

3. 2EB26 Deby Debora Sianipar 21211790


Evaluasi Keberhasilan Koperasi Dilihat dari Sisi Anggota

1. Efek-Efek Ekonomis Koperasi
  •  Salah satu hubungan penting yang harus dilakukan koperasi adalah dengan para anggotanya, yang kedudukannya sebagi pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.
  •  Motivasi ekonomi anggota sebagi pemilik akan mempersoalkan dana (simpana-simpanan) yang telah diserahkannya.
2. Efek Harga dan Efek Biaya
  • Partisipasi anggota menentukan keberhasilan koperasi. sedangkan tingkat partisipasi anggota di pengaruhi oleh beberapa faktor yaitu besarnya nilai manfaat pelayanan koperasi secara keseluruhan.
  • Motivasi sejalan dengan kemanfaatan ekonomis.bermanfaat tersebut yaitu insentif berupa pelayanan barang-jasa oleh perusahaan koperasi efisien, atau pengurangan biaya baik secara tunai maupun dalam bentuk barang.
3. Analisis Hubungan Efek Ekonomis dan Keberhasilan Koperasi
  • Dalam badan usaha koperasi, di tinjau dari konsep koperasi, fungsi laba bagi koperasi tergantung pada besar kecilnya partisipasi ataupun transaksi anggota dengan koperasinya.
  • Semakin tinggi partisipasi anggota, maka idealnya semakin tinggi manfaat yang diterima oleh anggota.
  • Keberhasilan koperasi di tentukan oleh partisipasi anggota dan partispasi anggota sangat berhubungan erat dengan efek ekonomis yaitu manfaat yang didapat oleh anggota tersebut.
4. Penyajian dan Analisis Neraca Pelayanan
  • Di sebabkan oleh perubahan kebutuhan dari para anggota dan perubahan lingkungan koperasi, terutama tantangan-tantangan kompetitif, pelayanan koperasi terhadap anggota harus secara berlanjut.
  • Ada dua faktor utama yang mengharuskan koperasi meningkatkan pelayanan kepada anggotanya.
            1. Adanya tekanan persaingan dari organisasi lain (terutama organisasi non koperasi).
            2. Perubahan kebutuhan manusia sebagai akibat perubahan waktu dan peradaban.
                perubahan tersebut akan menentukan pola kebutuhan anggota dalam mengkonsumsi
                produk-produk yang ditawarkan oleh koperasi.  



Catatan  : Bila koperasi mampu memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan anggota yang lebih besar dari pada pesaingnya, maka tingkat partisipasi anggota terhadap koperasinya akan meningkat.Untuk meningkatkan pelayanan, koperasi memerlukan informasi-informasi yang datang terutama dari anggota koperasi.

Sumber  :
ocw.gunadarma.ac.id/...koperasi/evaluasi-keberhasilan-koperasi-dipilih dari sisi anggota

No comments:

Post a Comment