PERANAN KOPERASI
1. Peranan Koperasi di Berbagai Keadaan Persaingan
A. Pasar Persaingan Sempurna
- Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak.
- Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen).
- Perusahaan bebas untuk mesuk dan keluar.
- Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna.
- Banyak pejual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam.
- Produk yang dihasilkan tidak homogen.
- Ada produk substitusinya.
- Keluar atau masuk ke industri relatif mudah.
- Harga produk tidak sama disemua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya.
- Disini ada penjual banyak tetapi hanya ada satu pembeli
- Pasar yang dilihatpermintaan dan pembelinya.
- Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar.
- Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga.
Sumber :
No comments:
Post a Comment